SUBANG, Nitikan.id – Guna membangkitkan gairah pembelajaran terhadap anak, SDN Palasari Pamanukan terapkan pembelajaran motorik.
Dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) Siswa diajarkan mengidentifikasi ciri–ciri bangun ruang seperti Kubus, Balok, Prisma, Limas, Tabung, Kerucut dan Bola. Menyajikan karya berupa kerangka Bangun Ruang dan Presentasi hasil kelompok.
“Tujuan kami memberikan pembelajaran ini agar Siswa dapat memahami ciri–ciri setiap bangun ruang, Siswa dapat menunjukkan sisi, rusuk dan sudut setiap bangun ruang, Siswa dapat membuat kerangka bangun ruang dengan menggunakan bahan sederhana (sumpit), Siswa dapat menunjukkan benda di sekitar yang berbentuk bangun ruang,” papar Guru SDN Palasari, Anggi Saeful Rohman. Rabu, (25/1/2023).
Menurutnya, dengan pembelajaran seperti ini mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga. Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antar siswa dengan sumber belajar yang sederhana.
“Ini memungkinkan anak belajar mandiri dan bekerja sama sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori, dan kinestetiknya. Memberi rangsangan yang sama dan menimbulkan persepsi yang sama,” kata Anggi.
Sementara itu, Kepala SDN Palasari Hariman Sobar mengatakan, bahwa pendidikan yang berkualitas diperoleh ketika kegiatan belajar dan mengajar saling berhubungan. Pengajaran harus memengaruhi pembelajaran, dan pembelajaran harus memengaruhi pengajaran.
“Guru harus memperhatikan bahwa siswa tersebut tidak sekadar menyerap dan menghafal suatu informasi, tetapi juga mampu untuk memproses informasi yang diperoleh. Dengan pemahaman ini, seorang siswa kemudian juga diajarkan untuk dapat mengaitkan ide tersebut dengan pengalaman sehari-hari mereka,” katanya.
Hariman berharap para Siswa agar bisa bereksplorasi dalam menyelesaikan suatu persoalan hingga dirinya mendapatkan jawaban dengan sendirinya.
“Harapan dari pembelajaran seperti itu, diharapkan siswa mampu menemukan solusi atas permasalahan yg dihadapi kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Hariman.